Hidup Adalah Pilihan

Selasa, 04 Desember 2012


            Berbicara soal kehidupan, kehidupan manusia itu tidak dapat ditebak atau diramalkan. Melainkan kehidupan adalah sebuah pilihan yang harus di jalani sesuai apa yang telah kita tentukan. Pada dasarnya segala yang kita rasakan saat ini adalah buah dari apa yang telah kita lakukan di masa lalu. Segalanya mulai dari perbuatan, tingkah laku, perkataan, sikap dan masih banyak lagi. Dan juga mulai dari yang baik maupun yang buruk.

            Kita seharusnya sadar betapa pentingnya jalan yang telah kita lalui selama ini sudah baik atau belum. Karena apa yang kita lakukan saat ini akan berdampak terhadap kehidupan kita dimasa yang akan datang. Mungkin kita sering mendengar sebuah kalimat ungkapan yang berbunyi “Hidup Adalah Pilihan”. Kalimat ini memang terkesan sangat sederhana, hanya terdiri dari tiga suku kata saja. Namun di balik kesederhanaan kalimat tersebut tersimpan sebuah makna yang besar dan berdampak luar biasa bagi mereka yang paham akan kalimat tersebut. Makna yang besar dan dampak yang luar biasa hanya dapat dirasakan oleh mereka yang memilih kehidupannya dijalan yang benar, tentunya mereka yang paham betul arti pentingnya sebuah kehidupan.
            Kehidupan seorang anak manusia bukan tergantung dari asal-usul anak tersebut dilahirkan. Tetapi kehidupan seorang anak manusia tergantung dari pilihan hati mereka masing-masing. Kehidupan yang harus mereka jalani di bebankan pada genggaman mereka masing-masing bukan dari pilihan atau keputusan orang lain.
            Untuk itu kita harus dapat memilih dan memilah jalan mana yang akan kita tempuh demi mengarungi kehidupan yang penuh godaan dan kesesatan ini. untuk memilih dan memilah jalan mana yang akan kita tempuh bukanlah perkara yang mudah. Karena segala sesuatu yang harus dipiling pastiakan ada dampak positif dan dampak negatif nya masing-masing.
            Sebagai contoh apabila kita ingin sukses, kita terlebih dahulu harus memperjuangkan apa yang kita inginkan tersebut tengan segala kekuatan yang kita miliki. Disinilah kita akan merasakan berbagai rintangan dan godaan yang akan menggagalkan apa yang telah kita cita-citakan. Disinilah bentuk negatif akan meucul dengan bentuk berbagai godaan dan rintangan yang akan membuat kita jenuh dan lelah untuk menghadapinya. Dan bentuk positifnya apabila kita sanggup menghadapi segala rintangan dan godaan tersebut maka kita akan mendapatkan hasil yang telah kita damba-dambakan.
            Sebaliknya, jika kita hanya memikirka kenikmatan dalam kehidupan kita tanpa adanya perjuangan dalam menggapainya maka yang akan kita dapatkan hanyalah kesenangan yang bersifat sementara semata.

0 komentar: