Sampah Samarinda

Rabu, 31 Oktober 2012


            Kalimat “Buanglah Sampah pada Tempatnya” merupakan kalimat sederhana yang sudah tidak asing lagi bagi kita. Kalimat tersebut sering kali kita jumpai dan kita baca di hampir seluruh sudut kota tercinta kita ini yaitu Samarinda. Hampir di seluruh tempat terdapat kalimat himbauan tersebut mulai dari pusat perbelanjaan, tempat ibadah, perkantoran, sekolah, taman kota, hingga di toilet pun kerap kita jumpai kalimat tersebut.
            Tujuan utama dari kalimat himbauan tersebut tidak lain tidak bukan untuk menjaga kota tercinta kita ini menjadi bersih dan nyaman. Namun maksud dan tujuan dari kalimat himbauan tersebut bukan hanya semata-mata hanya untuk menjaga kebersihan dan kenyamanan kota, melainkan juga ditujukan untuk memudahkan para pengelola sampah kota dalam memilah-memilah sampah guna mendaurulang sampah-sampah tersebut sehingga sampah tidak hanya bersifat dibuang atau dibiarkan bertumpuk ttetapi juga dapat didaurulang. Terlebih lagi jika kita membuang sampah dengan memilah-milah terlebih dahulu sesuai jenis sampahnya seperti sampah organik, sampah kertas, sampah non-daurulang (seperti baterai dan stereofoam), dan sampah daurulang (seperti kaleng, botol, dan plastik).
            Namun tanpa kita sadari volume sampah di kota tercinta kita ini setiap tahunnya mengalami peningkatan yang cukup siknifikan. Olah karena itu kita selaku warga samarinda berserta pemerintah yang menanganai masalah sampah di kota kita ini harus serius dalam menangani hal tersebut. Karena apabila hal tersebut tidak dapat ditanggulangi, volume sampah yang terus meningkat dan tidak disertai penaganan yang serius maka akan berdampak buruk bagilingkungan dan kehidupan masyarakat. Oleh karena itu tidak ada salahnya jika mulai membiasakan diri untuk membuang sampah pada tempatnya serta memilah-milah terlebih dahulu sesuaijenisa sampahnya sebelum menbuang sampah tersebut.
            Dan untuk kita selaku warga dan siswa yang menetap di Samarinda ada beberapa cara yang ampuh dalam menangani masalah sampah di kota kita ini. Yang pertama yang paling utama ialah membuang sampah pada tempatnya dimanapun kita derada baik di sekolah , dirumah, ataupun disekitar lingkuang kita. Jika di sekitar kita tidak terdapat tempat sampah, sebaiknya kita dapat menyimpan sampah tersebut hingga kita menemukan tempat sampah. Selanjutnya yang kedua memilah-milah sampah yang akan kita buang sesuai jenis sampah tersebut. Hal tersebut agar sampah yang kita buang dapat dengan mudah di daur ulang sesuai jenisnya. Dan yang terakhir yaitu kitta dapat mengurangi penggunaan plastik atau pembelian barang yang berbahan plastik. Hal ini dikarenakan plastik sulit di uraikan dan terbuat dari minyak bumi yang menyebabkan semakin menipisnya pasokan cadangan minyak bumi kita. Selain itu proses pembuatan plastik juga menimbulkan polusi udara yang berbahaya. Untuk itu dengan melakukan langkah-langkah tersebut sedikitnya kita telah melakukan perubahan kecil yang berdampak besar.

            

0 komentar: