Tips dan Saran Tentang Rahasia Kebahagian

Rabu, 31 Oktober 2012


Tidak ada yang salah dalam bermimpi tentang sesuatu hal besar, tapi tidak mengurangi semangat hidup untuk mengejar impian tersebut. Kita tahu terkadang atau bahkan seringkali kita berpikir hal-hal seperti, "Kalau saya mendapatkan banyak uang, saya akan memiliki rumah, ingin melakukan tur keliling dunia, memiliki mobil mewah dan masih banyak lagi", semua pemikiran seperti itu memang baik, tapi apakah kita akan menikmati itu semua dengan menyenangkan.

Kebanyakan orang mungkin tidak tahu apa itu arti dari kebahagiaan itu sendiri, mereka berpikir kebahagiaan mungkin dapat mereka miliki dengan uang banyak, mobil mewah, atau rumah besar. Tetapi orang-orang yang memiliki semua hal-hal tersebut belum tentu lebih bahagia dari pada orang yang menikmati kehidupan mereka dengan kesederhanaan.


Apakah anda pernah berpikir bagaimana jika seluruh kemewahan yang kita miliki akan membawa kita pada kebahagiaan dan ketidak bahagiaan? Sebagai contoh, bayangkan jika Anda menjadi seorang selebriti dan hal inilah yang membawa anda pada kegembiraan dengan status anda sebagao selebriti. Tapi sekarang anda bayangkan dengan status yang sama menjadi selebriti, anda mengalami ketidaknyamanan yang menyebabkan anda menjadi tidak bahagia.

Hal ini dikarenakan anda tidak memiliki lebih banyak waktu untuk kehidupan pribadi bahkan ketika anda menginginkannya, anda hampir tidak mempunyai waktu untuk diri sendiri atau orang terdekat dan yang anda sayangi. Demikian pula, menganggap diri anda ingin menjadi seorang jutawan dan anda berhasil menjadi salah satunya, tetapi kekayaan yang berlebihan tersebut dapat menjadi penyebab kebahagiaan anda sekarang dan dapat juga menjadi penyebab kekhawatiran seperti takut akan kehilangan semua hal tersebut, dan anda akan berkerja keras untuk menjaganyanya.

Untuk menagani segala kegalauan yang anda rasakan maka catatlah dalam sebuah daftar moment-moment bahagia yang anda nikmati bersama keluarga atau teman-teman anda, daftar kesuksesan anda, dan juga setiap kenangan khusus dari surprise atau kejutan yang menyenangkan.

Dengan menerapkan semua pemikiran positif dengan di bantu mengingat segala moment-moment yang telah anda catat dan anda dapat menerapkan semua "Pikiran/berpikir baik/benar" maka anda akan menemukan yang namanya "kebahagiaan". Kebahagiaan akan terbuka bagi anda dengan sendirinya jika anda menerapkan metode tersebut.

Ingatlah bahwa kebahagiaan adalah suatu keadaan dari pikiran. Kebahagiaan berasal dari dalam diri anda. Faktor exsternal akan memberikan kebahagiaan sesaat atau singkat bagi anda. Sedangakan kebahagiaan yang sempurna dan murni terletak jauh di dalam diri Anda sendiri.

Jika anda telah menemukan harta kebahagaiaan ini, anda akan bersukacita dalam segala situasi dan kondisi, tetapi jika anda belum menemukannya, anda mungkin tidak dapat bersukacita bahkan ketika semua hal sudah sempurna dan anda memiliki semua hal yang pernah anda harapkan.

0 komentar: