Makalah Perdagangan Manusia

Senin, 17 September 2012


BAB 1
PENDAHULUAN
1.     Latar Belakang
Di masa ini telah marak sekali kasus tentang perdagangan manusia kususnya di Indonesia. Banyak sekali oknum – oknum yang tidak bertanggung  jawab demi mendapatkan uang hingga menghallalkan segala cara contohnya dengan menjual manusia.
Korban perdagangan manusia sendiri biasanya adalah remaja wanita dan anak anak yang di iming-imingi pekerjaan yang bisa mendapatkan uang dengan cepat pada para remaja wanita biasanya sering ditawarin pekerjaan di luar negeri menjadi TKW atau TKI , dalam pandangan orang orang indonesia yang pendidikan rendah dan mempunyai kemampuan ekonomi rendah  bahwa bekerja di luar negeri akan mendapatkan uang yang banyak dalam kurun waktu singkat. Jadi mereka sangat gampang sekali tergiur dengan tawaran – tawaran yang membuat mereka untung.

Perdagangan manusia umumnya banyak terjadi di kota – kota besar maupun luar negeri. Seperti  Jakarta , Malaysia,  Singapura, Arab Saudi, dan kota – kota besar lainnya. Para korban perdagangan manusia biasanya malah banyak yang menjadi PSK, pengemis, bahkan di bunuh untuk di jual organ dalamnya.

 2.     Rumusan Masalah
-         Apa definisi dari perdagangan manusia ?
-         Faktor apa saja yang mendorong adanya perdagangan manusia ?
-         Mengapa perdagangan manusia banyak terjadi di daerah terpencil dan menyerang kalangan menengah kebawah ?
-         Siapa saja oknum- oknum yang biasa melakukan perdagngan manusia ?
-         Solusi untuk menganggulangi perdagangan manusia ?

3.     Tujuan
-         Ingin mengetahui definisi dari perdagangan manusia
-         Ingin mengetahui faktor apa saja yang mendorong adanya perdagangan manusia.
-         Ingin mengetahui mengapa perdagangan manusia banyak terjadi di daerah terpencil dan menyerang kalangan menengah kebawah
-         Ingin mengetahui siapa saja oknum- oknum yang biasa melakukan perdagngan manusia
-         Ingin mengetahui solusi untuk menganggulangi perdagangan manusia

 BAB 2
PEMBAHASAN
Sejarah Indonesia menunjukan bahwa feodalisme dan penjajahan menyuburkan praktik-praktik komersialisasi seks atas perempuan untuk memenuhi nafsu lelaki (Hull, Setyaningsih dan Jones, 1997). Dalam era kemerdekaan bangsa Indonesia menjunjung tinggi Hak Asasi Manusia, masalah perbudakan atau penghambaan tidak ditolerir.          Perdagangan manusia adalah suatu aktivitas perdagangan/pertukaran yang melibatkan manusia sebagai objeknya. Kegiatan perdagangan manusia ini belakangan marak terjadi terutama di Indonesia dengan remaja wanita dan anak-anak sebagai sasaran utama.
Perdagangan manusia dapat terjadi karena beberapa faktor utama, yaitu kemiskinan, kebodohan, dan kekurangan informasi. Oleh karena faktor-faktor tersebut, perdagangan manusia dapat dengan mudah dilakukan di Indonesia. Modus yang biasa digunakan di kegiatan perdagangan manusia umumnya adalah dengan iming-iming pekerjaan berhonor tinggi di kota besar atau luar negeri. Umumnya sasaran yang dituju oleh pelaku perdagangan manusia adalah masyarakat menengah kebawah di daerah terpencil. Karena dihimpit oleh kondisi kemiskinan dan kekurangan, mereka mudah dirayu untuk kemudian diperdagangkan. Korban-korban perdagangan tersebut kemudian diarahkan untuk menjadi pelayan bar atau objek prostitusi. Mereka ditahan oleh pelaku perdagangan tanpa diberi harapan untuk kembali ke tempat asal.
Pihak-pihak yang melakukan kegiatan ini biasanya terikat suatu jaringan perdagangan manusia internasional yang terhubung dengan pihak-pihak lainnya di luar negeri.Untuk mengatasi kegiatan perdagangan manusia, dapat dilakukan beberapa hal. Seperti diketatkannya imigrasi antar negara, baik melalui darat laut ataupun udara. Pihak kepolisian juga mulai melacak satu persatu jaringan pedagang manusia untuk memberantas secara keseluruhan.
BAB 3
PENUTUP

        Kesimpulan
            Kesimpulan dari pembahasan di atas adalah perdagangan manusia adalah termasuk pelanggaran hak asasi manusia, dan sekarang marak terjadi di indonesia. Karena perdagangan manusia itu tidak baik jadi kita harus ikut membantu untuk mencegah perihal tersebut & kita juga ikut membantu untuk mencegah terjadinya seks bebas.
  
Daftar Pustaka
http://bangaip.org/2009/08/perdagangan-manusia/

http://id.wikipedia.org/wiki/Perdagangan_manusia

0 komentar:

Share It

LinkWithin

21